Batuk darah pada bayi 8 bulan

WP Info Penanya: WP, Pria, 27 Tahun
Dok saya mau nanya. Anak sya usia 8 bulan sudah 3-4 hari batuk² dan di hari yg k 4 anak sya batuk mengeluarkan darah.. apa penyebab dan solusinya ya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, WP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Batuk berdarah sebaiknya langsung diperiksa dengan dokter spesialis anak. Karena sebetulnya batuk darah pada bayi itu sangat jarang kejadiannya. Penyebabnya bisa ringan seperti lecet di tenggorokan karena terlalu banyak batuk atau yang berat seperti tertelan benda asing. Kemungkinan lain juga infeksi bila terpapar penderita pneumonia atau TBC.

Mengingat anak anda masih bayi dan sangat rentan, lebih baik mencari aman dan dievaluasi langsung oleh dokter secara sistematis untuk identifikasi penyebabnya. Serta penanganan yang tepat juga penting karena potensial berbahaya untuk anak anda.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Para orang tua harus diberi edukasi tentang cara membedong bayi dengan benar dan aman

Bedong Bayi, Berbahaya atau Bermanfaat?

Bedong bayi sudah digunakan masyarakat Indonesia sejak dulu. Namun, terdapat beberapa kasus bayi meninggal mendadak (SIDS) karena cedera akibat bayi dibendong. Untuk menghindarinya pastikan bedong bayi dengan rapi dan kencang, tapi tidak terlalu kencang.