Batuk darah namun hasil tes mantoux negatif.

TA Info Penanya: TA, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya..saya batuk berdarah banyak.terus udah tes mantuk tapi negatif.terus udah rongsen tapi hasilnya besok.menurut dokter ini peyakit apa dok,terus adakah obat alami
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TAS,

Batuk darah dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti :

  1. TBC paru. Penyakit ini sering disertai keluhan batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, penurunan berat badan, hilang napsu makan, demam, keringat malam. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan menyebar melalui percikan air ludah ketika penderita sedang batuk atau bersin.
  2. Kanker paru. Penyakit ini sering menyerang kelompok usia diatas 40 tahun dengan kebiasaan merokok (perokok aktif), namun perokok pasif juga dapat menderita kanker paru ini.
  3. Bronkiektasis.
  4. Bronkitis.

Tes mantoux adalah salah satu pemeriksaan yang digunakan dokter bila ada kecurigaan terhadap penyakit TBC. Namun hasil tes mantoux yang negatif tidak dapat menyingkirkan kemungkinan TBC paru, hal ini bisa terjadi ketika seseorang baru saja terinfeksi TBC sehingga tubuh belum bereaksi terhadap bakteri, atau penderita dengan status daya tahan tubuh lemah seperti pada HIV. Masih banyak pemeriksaan TBC lainnya yang dapat dilakukan seperti foto rontgen dada, tes darah seperti LED (laju endap darah), serologi darah seperti TB ICT, tes dahak dimana dahak akan diperiksa selama 3 kali SPS (sewaktu, pagi, sewaktu). Karena pengobatan TBC berlangsung minimal 6 bulan, maka sangat penting memastikan apakah ini TBC atau bukan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terinfeksi penyakit TBC atau menghindari perburukan bila sudah didiagnosa TBC adalah :

  1. Gunakan masker ketika aktivitas diluar ruangan.
  2. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan bersama-sama bila anggota keluarga ada yang dicurigai menderita TBC.
  3. Lakukan pola hidup sehat dengan cara makan secara teratur, perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih minimal 2 liter per hari, istirahat secara teratur.
  4. Rajin cuci tangan.
  5. Minum obat TBC secara teratur dan rutin lakukan pemeriksaan ke dokter.

TBC bisa disembuhkan namun dibutuhkan kesabaran untuk minum obat secara teratur minimal 6 bulan. Selama pengobatan dokter akan melakukan pemantauan baik dari keluhan, pemeriksaan fisik, hasil foto rontgen, serta hasil pemeriksaan darah. Selain itu gunakan masker agar tidak menularkan bakteri ke orang lain.

Bila muncul keluhan lain seperti sesak napas, badan tampak kuning, maka segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.