Batuk dan Tenggorokan Terasa Gatal Ketika Makan

S Info Penanya: S, Pria, 49 Tahun
Sore dok, setiap kali saya makan, saya sering batuk dan merasakan gatal di tenggorokan saya. Pada saat saya batuk atau bersin, saya merasakan sakit di bagian belakang kepala atau tengkuk bagian atas saya. Setelahnya pandangan saya berkunang-kunang dan menjadi gelap, seakan-akan saya akan pingsan. Jika hal itu terjadi, saya berusaha menenangkan diri saya dengan diam sampai saya merasa lebih baik. Apakah yang saya alami adalah gejala dari suatu penyakit tertentu? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak S,

Batuk sebenarnya adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh, jadi sebenarnya merupakan refleks normal dari tubuh terhadap adanya benda asing dalam saluran pernapasan. Refleks batuk adalah untuk mengeluarkan benda asing tersebut seperti pada kondisi tersedak makanan, mengeluarkan lendir saat flu, alergi dll.

Dari pertanyaan yang Bapak sampaikan, apakah batuk hanya disebabkan pada suatu saat tertentu, ataukah pada setiap saat termasuk pada saat makan? Karena bila batuk terjadi setiap waktu makan, maka sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Paru terdekat di kota Bapak. Karena dikhawatirkan tidak cukupnya asupan gizi yang masuk ke tubuh Bapak, akibat proses makan yang terganggu.

Namun bila kondisi batuk dan bersin hanya terjadi pada waktu tertentu saja, contohnya saat stress dan tekanan emosi, kondisi ini mungkin saja disebabkan oleh Batuk Psikogenik (Psychogenic cough). Batuk ini mirip dengan batuk karena kebiasaan (habit cough) atau batuk karena latah.

Saran kami, untuk konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Paru terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap untuk keluhan yang Bapak alami ini.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencemaran udara dapat berdampak pada penyakit asma dan jantung

9 Dampak Pencemaran Udara untuk Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Pencemaran udara pada saat ini semakin mengkhawatirkan, dan dapat berdampak buruk pada kesehatan. 9 dampak pencemaran udara ini yang dapat Anda waspadai. Untuk itu hindari dampak pencemaran udara dengan hindari merokok, gunakan transportasi umum.