Batuk dan sesak nafas, apakah itu corona?

AI Info Penanya: AI, Pria
Saya punya riwayat asma, saya mengalami batuk dan nafas yang berat apakah ini juga termasuk gejala awal corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Asma merupakan salah satu kondisi gangguan pernapasan dimana saluran napas mengalami penyempitan akibat pembengkakan dan produksi lendir yang berlebih. 

Gejala asma yaitu sesak napas, dada yang terasa terikat, batuk, dan bunyi wheezing. Gejala asma hampir sama denga gejala infeksi virus corona. Hanya saja, gejala penyakit COVID-19 disertai dengan demam tinggi dan lemas akibat terjadi infeksi di dalam tubuh penderita. 

Jika Anda tidak ada riwayat kontak langsung dengan penderita COVID-19 dan tidak ada riwayata bepergian dari luar kota atau luar negeri, maka gejala yang Anda alami ini bukan merupakan gejala corona. Mungkin saja ini merupakan gejala asma Anda yang sedang kambuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan asma yang Anda punya. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi obat batuk yang bisa Anda beli di apotek. Atau, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, jahe, kunyit, madu, kafein, dan omega 3 untuk mengatasi gejala asma ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pesan makanan lewat ojek online saat corona termasuk aman

Pesan Makanan Lewat Ojek Online Saat Pandemi Virus Corona, Amankah?

Pesan makanan lewat ojek online tentu sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Ditengah pandemi virus corona ini, memesan makanan online masih dikategorikan aman.