Batuk apakah yang dialami anak saya?

YA Info Penanya: YA
Hallo dok, saya mau tanya anak saya umurnya 11 thn. Sudah bbrp hari ini batuk tp jarang2, cuma anak sy setiap mau napas terasa sesak. Tapi gak demam dan panas juga. Kira2 kenapa ya dok. Mohon info nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YA.

 

Batuk merupakan reaksi alami dari tubuh jika ada benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Batuk biasanya terdapat 2 jenis yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

Baik batuk berdahak maupun yang tidak berdahak dapat disebabkan oleh adanya bakteri, virus ataupun alergen tertentu contohnya debu dan asap rokok. Batuk juga dapat disertai dengan gejala penyerta lain seperti demam, sakit tenggorokan, sesak napas dan sakit dada.

Berikut ini kemungkinan dari penyebab batuk:

  • Pneumonia, infeksi bakteri yang terjadi pada jaringan paru-paru, gejalanya ditandai dengan batuk lebih dari 2 minggu, nyeri dada, sesak napas, demam, dahak berwarna kuning kehijauan.
  • Bronkitis, terjadinya peradangan pada saluran napas, ditandai dengan batuk lebih dari 1 minggu, sesak napas, sakit tenggorokan bahkan demam.
  • TBC paru. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosa, gejalanya ditandai dengan batuk lebih dari 2 bulan, demam ringan, nafsu makan turun, keringat berlebih dimalam hari.
  • Asthma. Gejalanya berupa sesak napas dengan bunyi khas ngik-ngik, bisa didahului dengan batuk, penyebabnya karena alergi terhadap debu atau asap rokok
  • Penyakit paru obstruktif kronik biasanya diderita pada perokok berat maupun perokok pasif, gejala mirip dengan asthma
  • Influenza, batuk disertai dengan demam ringan atau meriang saja, bersin-bersin dan sakit tenggorokan.

Terkait dengan keluhan yang anak Anda alami harus dilakukan pemeriksaan secara fisik pada dada, kemudian dilakukan foto rontgen dada, serta pemeriksaan dahak jika dibutuhkan jadi sebaiknya jika batuk tidak kunjung sembuh segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis paru ya.

Untuk sementara yang bisa dilakukan dirumah sebaiknya:

  • Tetap  menjaga kebersihan lingkungan rumah, usahakan ventilasi udara tetap berfungsi dengan baik dan cahaya matahari bisa menyinari kedalam rumah
  • Hindari asap rokok maupun debu dengan menggunakan masker
  • Berikan asupan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin seperti buah dan sayur
  • Lakukan olahraga untuk melatih kesehatan pernapasan, misalnya yoga atau berenang

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi bronkiolus penting untuk sistem pernapasan manusia

Ini Pentingnya Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

Meski berukuran kecil, fungsi bronkiolus untuk kelancaran pernapasan tidak bisa diremehkan. Jika tidak dijaga kesehatannya, gangguan pada organ ini pun bisa menimbulkan berbagai penyakit pernapasan, mulai dari asma hingga influenza.