19 Dec 2020, 13:12Pernapasan

Apa penyebab tidak bisa mencium bau saat batuk dan pilek ?

DE
Info Penanya: DE0
Dok saya sudah menderita batuk dan pilek selama satu tahun yang tak kunjung sembuh, dengan disertai sakit kepala,hidung tersumbat,dan nyeri dibagian belakang mata. Dan anehnya baru kali ini saya tidak dapat mencium bau apapun. Itu penyakit apa ya dok?
1385 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo D,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Batuk pilek memang sering terjadi karena penularannya yang cepat melalui percikan air liur dan dahak. Rendahnya kesadaran masayarakan dalam menerapkan etika batuk dan bersin yang benar serta rendahnya kesadaran masayarakat dalam menggunakan masker membuat risiko penularan semakin besar.

Penyebab batuk dan pilek menahun yang tidak kunjung sembuh

Penyebab batuk dan pilek menahun yang tidak kunjung sembuh antara lain :
  • Rhinitis alergica memberikan gambar batuk dan pilek secara terus menerus terutama saat cuaca dingin di pagi hari. Penderitanya mempunyai riwayat alergi ataupun ada riwayat alergi di keluarga misalnya alergi debu, alergi cuaca, alergi makanan, alergi obat-obatan, ataupun alergi bulu binatang. Gejala rhinitis alergica ini batuk dan pilek berair berwarna bening, disertai mata merah yang gatal, dan ada nyeri kepala ringan. Jika pemicu alergi sudah tidak ada, maka gejala akan membaik dengan sendirinya.
  • Infeksi saluran nafas mudah menyerang anak-anak, lansia, ataupun orang dengan penurunan sistem imun, sehingga dapat terjadi batuk dan pilek secara terus menerus.
  • TBC paru dapat memberikan gambaran batuk lama yang lebih dari 2 minggu dapat disertai darah segar, keringat malam, kelemahan di badan, serta penurunan berat badan.

Apa penyebab tidak bisa mencium bau saat batuk dan pilek ?

Keluhan tidak bisa mencium bau yang Anda alami harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Kehilangan penciuman dapat disebabkan adanya polip di hidung, pembesaran konka hidung akibat batuk dan pilek,  trauma atau benturan pada hidung, dan bisa disebabkan oleh virus corona. Untuk itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter segera. Tetap patuhi protokol kesehatan dan terapkan pola hidu sehat.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil