Bagaimana cara mengatasi batuk dan pilek pada anak 2 tahun?

AM Info Penanya: AM, Pria, 28 Tahun
Cara mengeluarkan batuk berdahak pada anak 2 tahun gimana ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Batuk dan pilek pada anak adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi. Kondisi ini bisa timbul baik karena faktor cuaca, tertular dari orang lain, daya tahan tubuh yang kurang baik, asupan makanan dan minuman tertentu, dan lainnya.

Ketika anak mengalami batuk berdahak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi batuk dan mengeluarkan dahaknya diantaranya adalah dengan cara alami maupun pemberian obat. Diantaranya adalah dengan cara memberikan lebih banyak minum, berikan madu, berikan air jahe, ataupun bisa juga dibantu dengan menghirup uap air hangat. Jika masih sulit dapat dibantu dengan memberikan obat untuk mengatasi obat berdahak yang bertujuan mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkannya. Dapat diberikan obat seperti guafenesin sirup dan penanganan lain seperti terapi inhalasi jika diperlukan.

Periksakan pada dokter atau dokter spesialis anak untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi anak Anda. Upayakan juga hindari pemicunya seperti paparan alergen mulai dari debu, udara dingin, asap rokok, makanan dan minuman manis dan lainnya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan interaksi sosial seperti suka menyendiri termasuk salah satu ciri ciri anak autis

Mengenal Lebih Jauh Seputar Autisme pada Anak

Autisme adalah gangguan perkembangan anak yang menyebabkan kemampuan berkomunikasi dan interaksinya terganggu. Ciri ciri anak autis meliputi gangguan komunikasi, perilaku stereotip, hingga gangguan interaksi sosial