Batuk dan sakit tenggorokan, apakah mungkin infeksi COVID-19 ?

IH Info Penanya: IH, Pria, 1 Tahun
Dok 4 hari ini saya mengalami batuk dan sakit tenggorokan ( panas ) saya tidak pernah melakukan perjalanan ataupun kontak dengan pasien/suspec covid 19.. dan saya tinggal di daerah yang bisa di bilang zona hijau.Apakah ada kemungkinan sya infeksi virus covid dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IH.

COVID-19 merupakan jenis terbaru dari virus corona. Pertama kali ditemukannya kasus COVID-19 bertempat di daerah Cina khususnya Wuhan. dan kini COVID-19 telah menjadi pandemi di berbagai negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Karena virus ini merupakan jenis virus baru, para ahli masih melakukan penelitian untuk mengetahui sifat dan segala hal mengani COVID-19. Para ahli percaya, penularan COVID-19 pertama kali terjadi melalui hewan liar yang kemudian ditularkan pada manusia dan dapat ditularkan antar manusia.

Adapun beberapa gejala yang sering muncul pada penyakit COVID 19, diantaranya adalah :

  • demam
  • batuk kering
  • sakit tenggorokan
  • sesak napas
  • kelelahan
  • mual
  • muntah
  • diare

Terkait dengan pertanyaan Anda, secara statistik gejala tersering yang muncul pada penderita COVID-19 adalah demam dan batuk kering. Maka, jika keluhan batuk dan sakit tenggorokan yang Anda alami tidak disertai demam, umumnya masih aman dan masih mungkin berupa gejala radang tenggorokan biasa. Terlebih lagi Anda berda di zona hijau dan tidak memiliki riwayat perjalaan ataupun kontak dengan terduga COVID-19, sehingga relatif lebih aman dan terhindar dari penularan infeksi.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan pengobatan dan perawatan mandiri terlebih dahulu dengan menggunakan obat yang dijual bebas di apotek. Jika keluhan tidak kunjung membaik, periksakanlah diri Anda ke puskesmas atau klinik terdekat.

Berikut pula saya lampirkan artikel mengenai cara alami mengatasi radang tenggorokan sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses respirasi manusia melibatkan banyak proses rumit

Memahami Proses Respirasi dan Berbagai Penyakit yang Mengancamnya

Sistem respirasi manusia terdiri dari serangkaian proses rumit yang berperan penting bagi kehidupan sehari-hari. Banyak penyakit yang dapat mengganggu proses respirasi, mulai dari asma hingga COVID-19.