Batuk beserta sesak napas pada anak

D Info Penanya: D, Pria, 32 Tahun
Dok, apa penyebab anak saya sering menderita batuk dan sesak napas atau bengek? Langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui penyebab penyakit yang diderita anak saya ini, Dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak Dd,

Anak dibawah usia 5 tahun memang sangat rentan terhadap penyakit apapun. Oleh sebab itu sangat penting menjauhkan anak dari sumber infeksi, contohnya bila ada orang dewasa yang sakit batuk flu maka sebaiknya tidak dekat dengan anak-anak dan selalu memakai masker. Pisahkan anak dengan temannya atau saudaranya yang sakit.

Daya tahan anak juga akan meningkat dengan pemberian asupan gizi yang baik. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka penyakit akan sulit untuk menginfeksi si anak. Lingkarannya akan berjalan seperti ini disekitar si anak dan lingkungannya.

Bila bengek disebabkan karena riwayat alergi maka hindari anak dari penyebab alergi tersebut. Contohnya bila anak alergi terhadap makanan tertentu, perhatikan dan ingat untuk tidak memberikan makanan ini kepada si anak. Atau bila anak alergi terhadap debu maka usahakan lingkungan rumah dan kamar anak selalu bersih dari debu.

Adalah kewajiban orang tua untuk membuat lingkungan tempat anak bertumbuh menjadi aman dan nyaman untuk anak tersebut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?