Batuk Berdarah dan TBC

MN Info Penanya: MN, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanyaBeberapa hari ini saya mengalami batukSetelah hari ketiga batuk saya sedikit berdahak dan berdarah..kemudian saya minum obat batuk kering. Ketika subuh saya batuk mengeluarkan dahak dan juga berdarah tapi sedikit. Saya tetap minum obat batuk tersebut hingga malam harinyan. Pada subuh berikutnya saya kembali batuk berdahak serta mengeluarkan darah lagi yang lebih banyak dari subuh kemaren..Pertanyaan saya apakah batuk saya yang disertai dahak itu termasuk TBC atau yang lainnya..soalnya darah yang keluar pada dahak tersebut cuma di pagi hari waktu subuh..sedangkan di siang harinya cuma batuk kering saja. Mohon solusinya pak Dokter. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MN

Batuk berdarah adalah salah satu gejala dari penyakit yang berpotensial serius. Kelainan seperti infeksi, kanker, gangguan pembuluh darah atau gangguan paru-paru lainnya.

TBC termasuk ke dalam infeksi paru-paru yang serius. Komplikasinya bisa menyebabkan kerusakan paru-paru yang permanen. Keluhannya selain batuk darah bisa juga sesak nafas, penurunan berat badan dan keringat di malam hari.

Sebaiknya anda memeriksakan diri ke rumah sakit dan konsultasikan dengan Dokter Spesialis Paru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat, 

Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.