Batuk Berdahak yang Disertai Darah Setelah Mengganti Jadwal Minum Obat

RI Info Penanya: RI, Wanita, 23 Tahun
Dear dokter, sebulan yang lalu, saya divonis mengalami TBC paru. Saya meminum obat TBC setiap hari sebelum tidur selama sebulan. Selama empat harian ini, saya mengganti jadwal minum obat saya. Saya mengonsumsi obat saya setiap pagi sebelum makan. Namun, pagi hari ini, beberapa jam setelah saya mengonsumsi obat dan sarapan, saya mengalami batuk berdahak yang bercampur dengan darah. Sebelumnya, saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Apa yang membuat saya dapat mengalami hal ini? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu RI,

Batuk darah atau Hemoptisis memang sangat sering terjadi dan merupakan suatu gejala pada Penyakit TBC Paru. Batuk darah umumnya terjadi pada  penderita TBC, penderita TBC yang telah sembuh (bekas TBC Paru disertai kelainan paru lainnya). Batuk darah pada penderita TBC dapat terjadi karena adanya robekan pada dinding kavitas atau karena robekan pembuluh darah di paru. Dapat juga terjadi karena adanya iritasi mukosa bronkus.

Batuk darah dapat baru terjadi saat ini, karena telah terjadi perlemasan dinding-dinding paru akibat pengobatan yang telah diberikan, dan saat batuk terlalu dipaksakan sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Sebaiknya kondisi ini di bicarakan dengan Dokter yang merawat Ibu supaya diperiksa lebih lanjut.

Tetaplah konsisten dalam minum obat dan jangan melupakan waktu minum obat, hal ini sangat penting untukk esembuhan sempurna dari sakit TBC.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.