Apa gejala asma?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya awalnya flu dan batuk sudah 2 bulan , skrg tinggal batuk saja itupun kadang hanya di pagi/malam hari saja.. batuknya berdahak bening kadang berbusa , kalo di keluarkan / sekalinya di muntahkan lumayan banyak dan setelah itu langsung plong, tapi jika tidak di keluarkan / di muntahkan sekaligus rasanya seperti menyumbat sehingga muncul suara mengi , sebelumnya tidak pernah seperti ini , sebanyak apapun dahak yg tidak saya keluarkan tidak akan muncul suara mengi..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RAM.

Asma adalah kondisi dimana saluran napas mengalami penyempitan sementara. Saluran napas akan membengkak dan memproduksi lendir yang berlebih ketika terpapar dengan pemicu tertentu. Pemicu asma bervariasi, misalnya debu, bulu binatang, udara dingin, ataupun kelelahan setelah olahraga.

Gejala asma adalah sebagai berikut:

  • Batuk pada saat terpapar oleh pemicu tersebut, kadang berdahak
  • Bunyi mengi atau 'ngik-ngik' saat bernapas
  • Sesak napas
  • Nyeri pada dada
  • Jika disertai infeksi, bisa timbul demam

Terkait kondisi yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis paru untuk menentukan penyebab penyakit Anda. Keluhan Anda besar kemungkinan disebabkan oleh asma, namun ada juga penyakit yang memiliki gejala mirip seperti batuk alergi, common cold, dan lain-lain. Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti spirometri, kemudian memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

Nah, jika Anda benar menderita asma, sebaiknya Anda selalu berada di ruangan yang bersih, ya. Hindari debu, asap, dan polusi. Hindari juga pemicu asma yang lain, yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk adalah refleks yang sehat dan penting untuk melindungi saluran udara di tenggorokan serta dada

5 Penyebab Batuk pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar batuk disebabkan oleh virus dan tidak membutuhkan obat untuk menyembuhkannya. Kecuali bila batuk merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius, salah satu cara meredakan batuk anak adalah dengan membuatnya tetap merasa nyaman.