Batuk apakah saya?

DW Info Penanya: DW
Sore dokter, saya mau konsul. Saya batuk berdahak dokter tak kunjung sembuh, kira2 sudah sebulan lebih. Sudah berobat ke klinik, hanya di beri antibiotik dan obat batuk. Tp tak kunjung sembuh, batuk saya tiba2 hilang dan kambuh jika suhu di sekitar saya dingin sebelum nya saya tdk pernah batuk seperti ini. Yg saya mau tanyakan knpa batuk saya timbul ketika dingin ya dok, Dan batuk berdahak yg sangat gatal di tenggorokan, apakah bisa di obati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DW,

Batuk bisa disebabkan oleh faktor alergi, bakteri maupun virus. Batuk yang tak kunjung sembuh harus segera ditangani dengan baik dan dicari tahu apa penyebabnya.

Penyakit yang menimbulkan batuk lama di antaranya:

  • Bronkhitis, yaitu radang pada saluran napas, ditandai dengan gejala batuk lebih dari 1 minggu, bisa disertai dengan sesak napas, sakit dada terutama saat sedang batuk, tenggorokan gatal, dan kadang ada yang demam.
  • TB Paru, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, gejalanya ditandai dengan batuk lebih dari 2 bulan, dahak bisa kuning kehijauan serta bercampur darah, demam ringan, lemah lesu, nafsu makan menurun, keringat berlebih di malam hari.
  • Pneumonia, infeksi pada jaringan paru ditandai dengan gejala demam tinggi >38 derajat celcius, batuk berlendir warna kuning kehijauan lebih dari 2 minggu, sesak napas ringan hingga berat, nafsu makan menurun, lemas, dan sering disertai nyeri dada.

Batuk tentunya dapat diobati jika sudah diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Untuk mengetahui apa penyebab penyakit batuk Anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen, kemudian pemeriksaan darah dan pemeriksaan dahak, mengingat Anda sudah diberi pengobatan antibiotik tetapi batuk belum kunjung sembuh.

Penanganan di rumah yang bisa dilakukan untuk sementara:

  • Hindari asap rokok dan debu dengan menggunakan masker
  • Terapkan etika batuk dan bersin yang baik dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tissue atau lengan atas
  • Makan dan tidur yang cukup
  • Olahraga yang teratur
  • Periksa ke dokter spesialis paru bila batuk tidak kunjung sembuh

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Salam sehat,

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

TBC usus memiliki gejala yang mirip dengan infeksi bakteri lainnya sehingga hanya dapat dideteksi dengan pemeriksaan oleh dokter

Tak Hanya Terjadi di Paru-Paru, Bakteri Tuberkulosis Juga Dapat Sebabkan TBC Usus

Selama ini, kita mengenal TBC menyerang paru-paru. Faktanya, bakteri Tuberkulosis (TB) bisa menyerang bagian tubuh lainnya, termasuk usus, yang dinamakan TBC usus. Gejalanya mirip dengan infeksi bakteri lainnya sehingga sulit dibedakan.