Batuk berdahak, apa penyebabnya?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 18 Tahun
Dok saya sudah 2 minggu mengalami batuk berdahak, kadang juga saya mengalami sesak nafas dok, padahal saya sudah periksa di dokter terdekat dan dikasi obat seperti antibiotik. Tapi batuk nya belum juga sembuh, saya harus gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MA,

Batuk berdahak adalah gejala yang timbul karena beberapa penyebab seperti gangguan disaluran pernapasan sehingga paru memproduksi dahak untuk membantu membersihkan saluran napas. Pemicu produksi dahak sendiri beragam, mulai dari adanya benda asing, infeksi paru akibat bakteri, virus atau jamur, reaksi alergi dan lainnya.

Jika batuk disertai gejala seperti:

  • Batuk lebih dari 3 minggu
  • Ada demam
  • Batuk disertai dahak darah
  • Penurunan berat badan
  • Sesak 
  • Keringat malam
  • Nyeri dada

Segera periksakan agar dapat dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan meliputi lab darah, cek sampel dahak, foto rontgen ataupun pemeriksaan lainnya.

Perhatikan juga apa pemicu batuk agar dihindari, sementara bisa diatasi dengan mengonsumsi lebih banyak air putih, konsumsi air hangat, hirup uap hangat, konsumsi madu atau air jahe, konsumsi obat batuk seperti guafenesin dan gunakan masker jika berada di tempat terbuka dan terapkan etika batuk yang baik. Cuci tangan lebih sering dengan sabun dan air mengalir terutama sebelum menyentuh mulut , hidung dan mata. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa digunakan

Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Menyusui dan Alternatifnya

Ibu menyusui tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat batuk karena kandungan obat batuk bisa masuk ke dalam ASI yang akan dikonsumsi oleh bayinya. Jadi, bagaimana cara memilih obat batuk untuk ibu menyusui yang tepat?