batuk berdahak keluar darah, apakah berbahaya?

AA Info Penanya: AA, Pria, 18 Tahun
dok mau bertanya? ibu saya tadi batuk pas batuk ibu saya ngeluarkan darah dok? apaakah berbahaya dok bisakah diobatin dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Batuk darah atau hemoptisis adalah gejala batuk disertai adanya bercak darah yang bisa timbul baik karena infeksi saluran pernasapasan, luka pada saluran pernapasan, ataupun masalah lain. Hemoptisis sering kali disertai batuk dengan darah berwarna merah segar.

Untuk itu apabila ibu Anda mengalami batuk darah ada baiknya utnuk dilakukan pemeriksaan, pemeriksaan sendiri bisa dilakukan baik wawancara mengenai gejala yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan sampel darah, pemeriksaan sampel dahak, foto rontgen ataupun pemeriksaan lainnya.

Beberapa penyebab yang tersering salah satunya adalah infeksi paru karena bakteri tuberkulosis.

Gejala tuberkulosis atau TBC sendiri diantaranya:

  • Batuk lebih dari 3 minggu
  • Batuk darah
  • Demam tanpa sebab jelas
  • Keringat di malam hari
  • Demam
  • Penurunan berat badan dan nafsu makan
  • Sesak

Jika ada gejala demikian bisa segera periksakan. Saat ini upayakan untuk ibu Anda agar banyak mengonsumsi air putih, perbanyak istirahat, hindari pemicu batuk seperti debu, asap rokok, polusi dan lainnya. Konsumsi obat batuk seperti guafenesin untuk mengurangi gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk adalah refleks yang sehat dan penting untuk melindungi saluran udara di tenggorokan serta dada

5 Penyebab Batuk pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar batuk disebabkan oleh virus dan tidak membutuhkan obat untuk menyembuhkannya. Kecuali bila batuk merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius, salah satu cara meredakan batuk anak adalah dengan membuatnya tetap merasa nyaman.