Batuk berdahak keluar darah disertai sakit perut dan dada tengah

RN Info Penanya: RN, Wanita, 26 Tahun
Dear Dokter. Saya sedang batuk berdahak dan pada saat dikeluarkan ada darah sedikit, lalu saya pernah ada sakit di perut dan dada tengah. Mohon penjelasannya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RN

Batuk berdahak disertai darah paling sering menjadi tanda infeksi tuberkulosis paru. Pada infeksi tuberkulosis paru biasanya kuman TB masuk ke paru akibat terhirup dan memicu peradangan, seseorang yang merokok atau sering terpapar asap juga memiliki resiko untuk terkena penyakit ini. Gejala lain dari TB paru ini adalah batuk lebih dari 2 minggu disertai nyeri dada, sesak nafas, penurunan berat badan dan keringat malam. 

Untuk memastikan benar mengalami infeksi TB paru diperlukan pemeriksaan dahak sputum BTA dan foto rontgen. Jika benar ditemukan bakteri TB pada dahak maka harus menjalani pengobatan meminum obat TB selama 6 bulan atau lebih panjang atas intruksi dokter. 

Saya sarankan agar anda beristirahat, menghindari asap rokok, jika batuk tutup mulut dan hidung serta buang dahak ke saluran air mengalir dan terkena matahari. Anda juga perlu meningkatkan imunitas tubuh dengan perbanyak konsumsi ekstra protein dan putih telur serta ekstra temulawak. 

Anda juga harus segera melakukan pemeriksaan sputum dan berkonsultasi dengan dokter spesialis paru. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk, seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.