Batuk berdahak disertai darah, apa penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, sudah seminggu ini saya mengalami batuk disertai dahak yang cukup keras. Sesekali dahak yang keluar disertakan darah, namun tidak cair. Apakah ini berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Batuk berdarah atau hemoptosis merupakan suatu tanda adanya kerusakan pembuluh darah yang berada disekitar saluran pernafasan. Gejala lain yang bisa menyertai batuk berdarah adalah nyeri dada, demam, berkeringat pada malam hari, tubuh merasa letih dan lemah, penurunan berat badan.

Beberapa penyakit penyebab dari batuk berdarah adalah bronkitis, Pneumonia, TBC (Tuberkulosis), Edema paru, Emboli paru, Kanker paru, dan penyakit lainnya. Agar batuk berdarah Anda tidak bertambah parah Anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti menjaga ventilasi udara dirumah tetap baik, rajin untuk mencuci tangan, menggunakan masker jika sedang sakit batuk atau bersin, menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

Jika Anda mengalami batuk berdarah yang muncul tiba-tiba saat Anda mengalami cedera, atau darah yang keluar hingga 1 gelas (240 ml) dan keluar terus menerus, keluar keringat dingin, sesak napas dan pandangan gelap, segera ke rumah sakit terdekat atau periksakan lebih lanjut ke dokter spesialis paru. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar hasilnya maksimal, Anda sebaiknya beristirahat dengan cukup, sebelum menjalani tes medical check up

Anda Gagal Tes Medical Check Up? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

Tes medical check up adalah pemeriksaan yang bertujuan memastikan kondisi kesehatan calon karyawan. Ada beberapa penyakit yang dapat membuat tes medical check up gagal, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS, TBC, Efusi Pleura, Malaria, dan Kondisi kejiwaan atau neurologis.