Batuk berdahak dan hidung mampet

IS Info Penanya: IS, Wanita, 38 Tahun
Dokter mau tanya, anak saya batuk berdahak dan hidung mampet hilang timbul udah hampir 2 bulanTidak pernah demamKira2 kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IS.

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disertai produksi lendir. Lendir yang diproduksi umumnya berkumpul di belakang tenggorokan dan sehingga gejala batuk dapat semakin memburuk pada posisi tertentu, khususnya saat berbaring ketika hendak tidur. Sedangkan hidung tersumbat terjadi saat adanya sesuatu yang dapat memicu iritasi, pembengkakan dan penyumbatan pada hidung.

Pada umunya kedua keluhan tersebut disebabkan oleh infeksi, radang, alergi, iritasi, pengaruh lingkungan, hingga penyakit kronis tertentu. Secara spesifik, kondisi medis tersebut diantaranya adalah flu, pilek, sinusitis, asma, alergi tertentu, dan lain-lainnya.

Mengenai keluhan yang dialami oleh anak Anda, karena terus hilang timbul selama hampir 2 bulan, mungkin dapat disebabkam oleh penyakit kronik atau alergi tertentu. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut pada bagian hidung dan tenggorokannya, bahkan mungkin diperlukan rontgen untuk melihat paru-parunya.

Sementara, untuk mengatasi keluhan batuk berdahak dan hidnung tersumbat pada Anak Anda, dapat diberikan cara alami terlebih dahulu.

Berikut beberapa tips alami mengatasi batuk berdahak dan hidung tersumbat, diantanya adalah :

  • mengonsumsi madu, jika anak Anda telah berusia diatas 1 tahun
  • mengonsumsi air rebusan jahe 
  • menghirup uap air panas
  • menggunakan minyak esensial peppermint
  • memposisikan kepala lebih tinggi dari kaki saat berbaring

Jika keluhan masih tidak juga membaik, periksakanlah anak Anda ke dokter Spesialis THT.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat anti ngorok berbentuk nose clip ditempel di area hidung untuk meningkatkan aliran udara lewat hidung sehingga mendengkur tidak terjadi

Alat Anti Ngorok, Efektif Atau Justru Mengganggu Pernapasan?

Setidaknya 45% orang dewasa mendengkur saat tidur, tapi alat anti ngorok pun belum tentu efektif menghentikannya. Apapun alat anti ngorok yang digunakan, sebaiknya ditinjau terlebih dahulu oleh dokter atau tenaga medis yang memiliki spesialisasi di bidang ini.