Batuk berdahak dan flek darah di dalam mulut, kenapa ya?

RH Info Penanya: RH, Wanita, 2019 Tahun
Ass..dok kan smlman sy batuk trs ad dahak nya sih batuk nya...tp pagi2 pas sy bangun kok ad flek darah sprti dahak yg berdarah di dlm mulut saya..knp yaaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Batuk darah biasanya berasal dari saluran napas yaitu hidung, tenggorokan atau paru-paru. Penyebabnya infeksi, kanker dan gangguan pembuluh darah paru-paru. Berat ringannya kondisi yang anda alami dilihat dari jumlah darah dan sudah berapa lama keluhan ini anda alami. Beberapa kondisi di paru-paru yang paling sering bisa menyebabkan batuk darah adalah bronkitis, bronkiektasis, pneumonia, pneumonia, cedera pada paru-paru, atau kanker paru.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter dan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah, dahak, rontgen, CT scan atau bronkoskopi bila diperlukan. Agar dapat menegakkan diagnosis dan memberi terapi yang sesuai kondisi anda. Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kondisi anda makin berat adalah stop merokok, menghindari asap atau polusi udara.

Saya lampirkan juga artikel mengenai cara alami untuk mengurangi batuk darah.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila batuk berdahak mengganggu pernapasan, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter

Warna Dahak, Sinyal Kondisi Tubuh Anda

Warna dahak menunjukkan kondisi kesehatan yang berbeda. Saat Anda mengalami batuk berdahak, perhatikan warna dahak Anda, apakah hijau, hitam, merah, atau putih.