batuk berdahak akibat minum es dan menghirup obat nyamuk dan dahak berwarna hijau bercampur merah

PL Info Penanya: PL, Wanita, 20 Tahun
Dokter saya ingin bertanya saya mengalami batuk berdahak apabila saya terlalu banyak minum es atau menghidupkan obat nyamuk bakar, dan terkadang dahak saya warnanya hijau bercampur merah ini sudah berlangsung dari saya SD. Apakah ini berbahaya dok, dan kirakira penyakit apa yang saya derita dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam PL

Batuk berdahak hijau bercampur merah dapat menjadi tanda haemopto atau batuk darah. Kondisi batuk darah paling sering disebabkan infeksi tuberkulosis paru dan kanker paru. Menghirup obat nyamuk bakar dapat merusak saluran pernafasan paru menjadi faktor perkembangan penyakit tuberkulosis paru dan kanker paru. 

Kondisi ini dapat berbahaya jika batuk darah yang dialami berlanjut bersamaan dengan kerusakan paru, dapat membuat nafas sesak dan gagal nafas pada akhirnya.

Saya sarankan agar tidak menggunakan obat nyamuk bakar lagi, perbanyak istirahat,  hindari merokok dan paparan disekitar asap rokok. Perbanyak minum susu dan makan ekstra putih telur. Anda juga perlu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis paru (Sp,P) untuk tatalaksana lanjutan, mungkin anda perlu menjalani pemeriksaan dahak sputum untuk mencari bakteri tuberkulosis dan pemeriksaan rontgen dada. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.