Batuk berdahak 2 minggu tidak kunjung sembuh

YT Info Penanya: YT
Dok..saya mau bertanya..sdh 2 minggu lbh saya batuh berdahak..saya termasuk org yg tdk pandai mngeluarkan dahak..tp saya trus mncoba & kluar sdikit"...tpi tbtb saat buang dahak tsb bercampur darah..hanya sdikit & sekali dua kali.. Saya jg tdk memgalami sesak napas atau sejenisnya..hanya batuk saja..Apa itu termasuk gejala batuk yang berbahaya atau tidak dok ..krn batuk saya tdk kunjung sembuh..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YT, 

Dari gejala batuk berdahak yang Anda alami, ada beberapa kemungkinan penyebab kondisi ini: 

1. ISPA (infeksi saluran napas akut)

Infeksi ini adalah yang paling umum terjadi dan dapat disebabkan oleh virus atau bakteri.  Gejala batuk berdahak bisa disertai pilek, hidung tersumbat, bersin, demam, kelelahan, sakit kepala, dan sakit menelan. Tapi biasanya ISPA tidak disertai batuk darah.

2. Alergi

Batuk dalam jangka waktu yang lama juga bisa disebabkan karena Anda terpapar pada alergen (zat pemicu alergi). Walaupun gejalanya biasanya adalah batuk kering, tidak jarang juga batuk bisa mengeluarkan sedikit dahak. Gejala lain yang menyertainya adalah sering bersin, pilek, dan mata gatal.

3. TBC / Tuberkulosis

Batuk lebih dari 2 minggu perlu mempertimbangkan TBC sebagai penyebabnya karena kuman TBC ada dimana-mana. Anda perlu cek dahak ke laboratorium terdekat untuk memastikan Anda tidak terkena TBC.

4. Bronkitis

Penderita bronkitis biasanya mengeluarkan dahak kental berwana abu-abu atau hijau, kadang berdarah. Selain batuk gejala yang dirasakan adalah sesak napas, kelelahan, demam ringan.

Batuk dengan darah bisa jadi karena Anda batuk keras untuk mengeluarkan darah sehingga pembuluh darah di daerah leher pecah. Biasanya darah hanya sedikit berupa bercak. Atau bisa jadi penyakit tertentu memang ciri-cirinya batuk berdarah, apalagi jika jumlahnya cukup banyak. Anda harus pergi ke dokter untuk memastikan diagnosis.

Hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meringankan batuk:

- Minum air hangat atau madu

- Inhalasi dengan alat uap atau air hangat

Segera datang ke UGD jika Anda mengalami hal-hal berikut:

- Batuk darah dalam jumlah banyak

- Sesak napas berat

- Demam tinggi

Semoga informasi di atas bisa membantu.

Lekas sembuh ya.

 

dr. Anandika Pawitri

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

filter HEPA dapat menyaring alergen penyebab alergi rhinitis

Cara Mengobati Alergi Rhinitis Tidak Harus Selalu Menggunakan Obat

Cara mengobati alergi tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk menangani rhinitis yang ditimbulkan alergi.