Apa penyebab batuk berdahak dan terkadang mengeluarkan darah?

AE Info Penanya: AE, Pria, 29 Tahun
Dok Saya AS Umur Saya 30 Tahun, Beberapa Hari Ini Saya Kalau batuk Berdahak Ada Darah Nya, memaang saya perokok aktif dok, Tiap Pagi Dahak Pertama Dok Memang Saya Suka Batuk Dan Udh Lama Batuk Nya Sama Suka Pernapasan Terasa Sesak,,, adakah obat atau arahan untuk penyakit saya ini dok, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AE

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Batuk merupakan suatu mekanisme respon pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang berada di saluran pernapasan. Batuk yang sesekali terjadi merupakan hal yang normal dan wajar dirasakan hampir setiap orang. Namun, batuk juga dapat terjadi karena adanya infeksi atau adanya kondisi medis lainnya. Batuk sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Banyak sekali kondisi yang menyebabkan batuk berdahak, mulai dari pilek sampai dnegan adanya penyakit kornis lainnya pada saluran pernapasan.

Adapun beberapa penyebab batuk berdahak adalah sebagai beriukut:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bercak darah bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena adanya luka pada tenggorokan / saluran napas. Bisa juga merupakan akibat dari infeksi pada saluran napas Anda.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah berhenti merokok, hindari konsumsi makanan berlemak / berminyak / pedas, konsumsi makanan bergizi siembang, cukupi kebutuhan cairan harian, jaga kebersihan diri dan lingkungan, pastikan sirkulasi udara baik dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Terkait dengan obat, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru terdekat untuk mengetahui penyebab dari batuk berdahak dan berdarah yang Anda rasakan. 

Semoga beramanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi batuk berdahak dapat diatasi dengan berbagai cara

Bayi Batuk Berdahak, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Penanganan bayi batuk berdahak bukanlah dengan meminumkan obat batuk, melainkan dengan home treatment sambil menunggu kondisi itu sembuh sendiri.