batuk anak yang tidak berhenti selama dua minggu

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2019 Tahun
Bagaimana cara mengatasi batuk anak yang tidak berhenti selama dua minggu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AS

Batuk terjadi sebagai upaya pembersihan saluran nafas dari infeksi. Batuk juga terjadi akibat reaksi radang disaluran nafas atas hingga ke paru. Jika terjadi batuk yang lama pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti reaksi alergi asma, infeksi virus, radang paru, infeksi difteri, infeksi tuberkulosis dan bronkitis. 

Batuk yang terlalu lama juga dapat berbahaya, karena kuman dapat turun ke paru hingga memicu sesak nafas pada anak. 

Untuk pilihan obat batuk bisa diberikan mukolitik jika anak bisa membuang dahak, namun sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter spesialis anak untuk mencari tahun sumber penyebab batuk pada saluran nafas anak anda dan terapi yang tepat termasuk pertimbangan pemberian antibiotik.

Anda juga sebaiknya menghindarkan anak anda dari polusi asap rokok dan debu karena saluran nafas anak sangat rentan. Pada beberapa anak, penyebab batuk juga bisa dicetuskan karena orang tua yang merokok. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.