Batuk Anak

RH Info Penanya: RH, Pria, 33 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya. Anak saya laki laki berumur 1 tahun sudah 1 bulan lebih batuk batuk terus, durasi batuknya pun sekitar 30 detik/1menit. Anak saya sudah 3x berobat ke klinik dan puskesmas namun saya belum cek ke rumah sakit dan batuk anak saya masih belum sembuh juga, gejala yang dialami anak saya hanya batuk tidak demam. Penyakit apa yang dialami anak saya ya dokter?Mohon pencerahannya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R, 

Batuk pada anak perlu dikenali dari jenis dan gejala lain yang menyertai. Batuk pada anak dapat timbul disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Adanya gangguan pada saluran pernapasan seperti disebabkan oleh infeksi saluran napas baik yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri
  • Anak batuk sebagai respon apabila terpapar dengan pencetus alergi seperti misalnya asap rokok, udara dingin, makanan dan minuman tertentu, debu di lingkungan tinggal seperti dari perabotan rumah tangga ataupun berasal dari jalanan
  • Gangguan saluran napas yang dapat disertai gejala sesak napas seperti asma yang ditandai dengan napas disertai bunyi tambahan seperti mengi, bibir anak menjadi kebiruan, napas menjadi cepat dan dangkal
  • Penyebab lainnya

Untuk itu apabila sudah dilakukan pengobatan tetapi belum ada perubahan, ada baiknya untuk kembali memeriksakan anak Anda pada dokter atau dokter spesialis anak agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti lab darah, foto rontgen, tes mantoux, dan pemeriksaan tambahan lain yang diperlukan. 

Perhatikan apabila timbul gejala kegawatan seperti anak menjadi sesak, batuk tidak berhenti, bibir dan kuku tampak kebiruan, anak menjadi lebih rewel dan demam tinggi, serta suara napas berbunyi segera periksakan pada fasilitas kesehatan terdekat agar segera mendapatkan penanganan. Upayakan agar menjaga lingkungan tempat tinggal agar terbebas dari asap rokok ataupun pencetus alergi agar membantu batuk anak mereda. Berikan juga anak lebih banyak cairan untuk membantu melegakan napas. Perhatikan juga agar anak Anda mendapatkan imunisasi sesuai dengan anjuran dokter agar terhindar dari gangguan kesehatan yang mengancam salah satunya adalah gangguan kesehatan yang dapat menyerang saluran pernapasan.

Semoga bermanfaat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko utama dari penyakit batuk kronis adalah kebiasaan merokok

Hati-hati, Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Batuk Kronis!

Rokok telah lama diketahui dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah batuk. Bahkan, merokok bisa berujung pada batuk kronis. Batuk dikategorikan kronis apabila tidak kunjung sembuh selama 8 minggu. Tembakau di dalam rokok memiliki sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh tertutama untuk saluran pernafasan dan peradangan dalam tubuh.