Batuk alergi

TS Info Penanya: TS, Wanita, 36 Tahun
Dear Dokter,saya mempunyai anak usia 4 tahun dan menderita batuk alergi selama setahun lebih, meminum obat tidak sembuh sembuh yang saya tanyakan apakah minum obat yang begitu lama tidak ada efek pada tubuh anak saya dan penyakit batuk alergi apakah bisa disembuhkan ? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu TS,

Anak yang mempunyai riwayat alergi, sebaiknya diperhatikan pencetus atau penyebab dari alergi itu sendiri supaya dapat dihindari. Contohnya es, makanan dengan penyedap buatan, makanan dengan pemanis buatan, makanan laut dan lainnya. Menghindari adalah lebih baik daripada mengobati.

Alergi adalah suatu reaksi berlebihan (Hipersensitivitas) dari sistem pertahanan tubuh untuk melawan zat – zat asing (alergen) yang masuk ke dalam tubuh.

Reaksi alergi sifatnya individual, artinya suatu zat dapat saja tidak menimbulkan gangguan kepada seseorang, namun zat tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang lain. Contohnya kebanyakan orang akan menikmati makan udang, namun ada beberapa orang yang tidak tahan makan udang, gejalanya dapat berupa mual, muntah dan kemerahan diseluruh tubuh dan batuk.

Karena menyerang daya tahan tubuh maka sangat diperlukan kondisi tubuh yang selalu sehat supaya tidak gampang terserang alergi. Hindari pencetus terjadinya alergi seperti debu dan makanan, kemudian tingkatkan daya tahan tubuh dengan minum vitamin C setiap hari, berenang teratur dan lari pagi. Diharapkan dengan bertambahnya usia dan meningkatnya daya tahan tubuh, maka serangan alergi akan mulai berkurang.

Menurut penelitian obat anti alergi atau antihistamin yang saat ini paling baik digunakan adalah obat dari golongan Cetirizine, aman digunakan selama dua minggu berturut –turut tanpa menimbulkan efek samping berarti, dan efek mengantuk yang ringan, serta hanya sekali pemberian sesuai dosis anjuran. Namun, sebelum menggunakan obat tersebut Ibu diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Anak (SpA) untuk informasi lebih lanjut.

Sebaiknya dipastikan kembali dengan pemeriksaan lengkap ke Dokter Spesialis Anak (SpA) apakah batuk yang dialami oleh Anak adalah benar karena batuk alergi ataukah karena sebab lainnya seperti infeksi pada paru-paru. Kunjungi Dokter yang berbeda contohnya Dokter Spesialisasi Paru (SpP) sekedar untuk mencari opini atau pendapat pembanding.

Penting untuk mengetahui penyebab batuk pada anak untuk merencanakan pengobatan yang sesuai, bukan hanya mengobati gejala saja. Hindari anak dari kemungkinan terinfeksi dari orang dewasa yang batuk lama, dirumah atau lingkungan tempat tingal. Bila ada saudara atau orang serumah yang sakit batuk lama, sebaiknya diajak juga untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan sebaiknya tidak memberikan obat kepada anak tanpa instruksi dari Dokter.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?