Batuk 3 bulan tidak sembuh karena alergi

BM Info Penanya: BM, Pria, 22 Tahun
Selamat malam dokter, saya mau bertanya. Saya sakit batuk tidak sembuh2 sudah 3 bulanan, saya periksa katanya alergi dingin. Obat sudah saya habiskan tp tetap tidak ada hasil saya tetap batuk. Kira2 knpa ya dok? Gejala yg saya rasakan tidak ada cuma batuk saja. Tolong dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam B,

Berdasarkan keluhan yang anda rasakan. Apa batuk disertai darah, disertai demam atau penurunan berat badan? Apakah anda perokok aktif?

Batuk biasanya akan sembuh dalam 4 minggu. Jika batuk berlangsung lebih dari 8 minggu disebut batuk kronis. Penyebab batuk kronis bisa disebabkan karena asma dan alergi, asam lambung naik, infeksi saluran napas, polusi udara, penyakit paru seperti penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis akut, pertusis, pneumonia, tuberkulosis dan kanker paru. 

Jika penyebab batuk disebabkan alergi, selain obat disarankan untuk: 

- mengurangi alergen pemicu dengan menghindari dingin, rutin membersihkan kamar dari debu, rutin mencuci sprei, dan menghindari hewan berbulu.

- berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi iritasi dan mengeluarkan lendir dengan mencampur satu sendok garam dan satu gelas air hangat. Lakukan berkumur sebelum tidur. 

- berhenti merokok. Rokok dapat menyebabkan batuk kronis sepanjang hari.

Jika batuk tidak kunjung sembuh sudah dibantu dengan cara diatas disertai sulit bernapas, nyeri dada, demam, batuk dengan lendir warna hijau, kekuningan, disarankan ke dokter paru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk kamar tidur anak, sebisa mungkin pilih perabotan yang mudah dibersihkan

Sudahkah Lakukan 7 Cara Memastikan Kamar Tidur Anak Bebas Alergi?

Pemicu terbesar alergi atau alergen di kamar tidur anak biasanya dari tungau dan juga bulu binatang. Penting untuk memastikan kamar tidur anak bebas alergi karena ia menghabiskan waktu yang lama di kamar.