Batuk 2 bulan disertai denyut jantung cepat dan kaki bengkak

NS Info Penanya: NS, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dokter saya ingin bertanya. Saya batuk sudah hampir 2bulan, lalu batuk semakin parah saat saya mau tidur atau berbaring dan juga detak jantung saya meningkat. Seminggu ini saya mengalami pembengkakan kaki tapi nanti hilang lalu muncul lagi dok. Eum bisa dijelaskan kenapa saya ini kira2 dok? Terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NS

 

Batuk terjadi sebagai upaya pembersihan saluran nafas oleh tubuh dapat terjadi pada infeksi saluran nafas atas atau dan juga paru.

Namun batuk yang terlalu lama hingga dua bulan memberat dengan perubahan posisi tidur, detak jantung cepat, sesak nafas dan kaki bengkak dapat terjadi pada kondisi lain seperti gagal jantung.

Pada gagal jantung, terjadi penurunan pompa jantung yang menyebabkan hambatan aliran sehingga aliran pembuluh darah merembes ke sekitar paru sehingga menimbulkan batuk, sesak nafas dengan perubahan posisi tidur, kaki yang bengkak karena hambatan aliran balik jantung.

Saran saya adalah anda kurangi aktifitas berat, tidur dengan posisi tambahan dua bantal dan segera konsultasikan diri anda dengan dokter spesialis Penyakit dalam (Sp.PD)

 

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.