Batuk 1 bulan

FZ Info Penanya: FZ, Wanita, 2019 Tahun
Batuk tiap malam udah 1 bulan, penyebabnya apa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FZ

Batuk merupakan mekanisme pertahanan saluran nafas untuk membersihkan saluran nafas dari bakteri, virus ataupun partikel. Pada beberapa kondisi batuk yang terlalu lama juga dikaitkan dengan inflamasi kronik seperti asma, penyakit paru obstruksi kronik, infeksi paru pneumonia, infeksi tuberkulosis, tumor paru dan kelainan diluar paru seperti gagal jantung.

Batuk yang anda alami cukup lama hingga 1 bulan. Anda perlu mewaspadai jika batuk yang terlalu lama disertai sesak nafas, penurunan berat badan, demam, batuk darah dan keringat malam.

Anda disarankan menutup mulut selama batuk, menggunakan masker saat batuk, menghindari rokok, menghindari asap, perbanyak minum air dan konsumsi makanan bergizi. 

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bahkan perlu dipertimbangkan analisa dahak/ sputum BTA, rontgen X-ray thorax/dada untuk memastikan penyebab batuk dan terapi selanjutnya 

Salam sehat

dr. Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pertolongan pertama sesak napas adalah membantu penderitanya untuk menggunakan inhaler

Jangan Panik! Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Sesak Napas

Sesak napas adalah gangguan yang terjadi saat seseorang kekurangan udara untuk bernapas. Pertolongan pertama sesak napas yang paling sering dan mudah biasanya menggunakan inhaler.