Batuk

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
obat batuk.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh pada saluran nafas. Batuk merupakan suatu gejala dari penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Timbul batuk dikarenakan keberadaan lendir disaluran nafas. Pada umumnya, lendir akan membantu saluran nafas untuk menjebak partikel asing yang masuk. Apabila jumlah lendir meningkat, lendir tidak lagi membantu saluran nafas melain menganggu saluran nafas. Maka dari itu respon saluran nafas dengan batuk untuk mengurangi lendir yang berlebihan.

Berdasarkan waktunya, batuk digolongkan menjadi dua. Batuk akut yang durasinya kurang dari 3 minggu. Dan batuk kronis yang durasinya 3-8 minggu.

Selain proses mengeluarkan lendir yang berlebih ataupun benda asing. Batuk merupakan gejala suatu penyakit seperti flu, jantung, paru dan saraf. Dalam hal ini akan timbul gejala lain seperti pilek, nyeri tenggorokan, demam, sesak, mengi dan sulit menelan.

Untuk pengobatan batuk berdasarkan penyebabnya, jika batuk disebabkan oleh virus. Maka kita harapkan kekebalan tubuh sendiri dapat memusnahkan virus. 

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dirumah adalah

1. Perbanyak minum air putih, air hangat agar dahak lebih encer. 

2. Hindari bahan yang membuat iritasi dan alergi seperti debu, rokok dan asap.

Selain langkah-langkah diatas, obat yang dijual bebas dapat membantu mengurangi batuk. Obat batuk yang dapat menekan batuk disebut antitusif ataupun obat batuk yang mengencerkan dahak agar mudah keluar (ekspetoran).

Jika dengan tindakan diatas belum ada perbaikan. Segera konsulkan keluhan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi lendir di tenggorokan bisa dilakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter

Lendir di Tenggorokan Tak Kunjung Hilang? Ini Cara Meredakannya

Anda mungkin pernah mengalami lendir di tenggorokan yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski tidak berbahaya, Anda sebaiknya mengenali penyebab dan cara mengatasi tenggorokan berlendir ini.