batu ginjal, radiologi / imaging

MW Info Penanya: MW, Pria, 49 Tahun
Dear dokter, mau tanya tentang hasil radiologi untuk batu ginjal.Mana yang lebih akurat, menggunakan CT scan atau USG?Trims,Mario
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MW,

Batu ginjal tentunya akan mempengaruhi fungsi ginjal, terlebih bila ukurannya besar akan mengganggu dan sering timbul keluhan nyeri pinggang, nyeri ketika kencing, kencing terasa tidak tuntas, hingga adanya darah ketika kencing.

Setiap pemeriksaan untuk deteksi batu ginjal memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing seperti :

  1. USG. Hasil pemeriksaan akan bergantung pada kemampuan operator (dokter spesialis) dalam menemukan ada tidaknya batu. Namun biaya relatif murah dan tidak ada nyeri samasekali.
  2. BNO IVP. Perpaduan pemeriksaan foto rontgen dengan kontras, sehingga akan jelas masalah atau batu ada dimana, karena akan tampak sumbatan ada di mana. Namun pemeriksaan ini tidak bisa dikerjakan pada pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal.
  3. CT scan. Pemeriksaan yang bisa dilakukan pada siapa saja, tidak menimbulkan nyeri, namun biaya lebih mahal dan bisa ada gambaran batu yang terlewat bila pemeriksaan menggunakan alat CT scan yang potongan (slicenya) kurang banyak, atau ukuran batu sangat kecil. Namun bila CT scan dengan slice yang banyak, maka gambaran batu akan tampak.

Mengenai pemeriksaan mana yang cocok untuk Anda, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter urologi Anda dulu agar bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MW
27 Jan 2020, 16:52
Dear dr. Vina, Terima kasih untuk responsnya.Regards,Mario
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkilir dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang menimbulkan rasa nyeri

Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!

Kadang sulit membedakan sakit pinggang dan masalah ginjal karena titik rasa nyeri yang berdekatan. Terkilir juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang akibat cedera saat beraktivitas.