Batu ginjal dan kista apakah harus dioperasi?

L Info Penanya: L, Wanita
Selamat pagi dok, saya sering banget merasakan sakit perut bagian bawah, setelah dicek oleh dokter ternyata saya memiliki gangguan ginjal dan ada batu ginjal serta ada kista yang letaknya berdekatan dengan ginjal saya. Saya ingin tanya apakah operasi atau bedah adalah satu-satunya cara? Atau bisa sembuh dengan obat tradisional? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Penyakit batu ginjal adalah penyakit dimana ditemukan adanya batu atau beberapa batu sekaligus di dalam ginjal atau saluran kemih akibat tubuh sering dalam kondisi kekurangan cairan, asupan tinggi protein serta garam. Sedangkan kista ginjal merupakan terbentuknya kista di dalam ginjal akibat kelainan genetik yang sifatnya diturunkan dari orang tua.

Penanganan untuk batu ginjal sendiri tergantung dari ukuran, jumlahnya, dan lokasi batu berada, bila ukurannya dibawah 0,5 cm maka masih mungkin keluar dengan sendirinya selama mengonsumsi banyak air putih dan mencoba rebusan-rebusan kacang merah atau daun seledri, namun untuk ukuran batu diatas 0,5 cm maka seringkali membutuhkan operasi untuk mengeluarkannya.

Sedangkan penanganan kista terutama untuk mengurangi keluhan dan mencegah terjadinya komplikasi seperti hipertensi atau gagal ginjal, namun bila keluhan semakin memberat, maka akan dilakukan tindakan operasi.

Pada kasus Anda dimana terdapat batu dan kista, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter urologi untuk kemungkinan operasi.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)