13 Jan 2021, 20:01Psikologi

Bagaimana mengatasi batin yang tidak bahagia?

TM
Info Penanya: TM0
Halo dok. Saya bingung mau mulai dari mana. Mungkin yang terbaru saja, hal yang baru terjadi kemarin. Papa saya marah dan berkata bahwa saya dan adik tidak membanggakan, tidak ada yang bisa di banggakan dan tidak berguna. Itu ucapan yang ke dua kali nya saya dan adik dengar. Saya ingin sekali melawan bahkan pergi dari rumah. Saya dan adik suka tukar cerita. Kami tanpa perlu di bentak begitu sudah tau kalau kami tidak berguna dan tidak membanggakan. Saya ingin bahagia dan bebas dr luka batin
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, TMTerima kasih atas pertanyaannya.Perasaan marah, kesal atau sedih merupakan hal yang normal terjadi pada setiap manusia.  Hal ini bisa dikarenakan peristiwa yang tidak sesuai, adanya tekanan dari keluarga ataupun lingkungan, serta adanya tugas atau pekerjaan yang menumpuk. Orang tua memiliki caranya masing-masing dalam mendidik anak.  Ada yang menggunakan cara lembut, ada pula menggunakan kata-kata yang kasar.  Bisa saja maksud orangtua anda sebagai motivasi untuk anda agar berusaha lebih baik lagi sehingga nantinya juga akan berdampak baik pada anda.  Ada beberapa orang tua yang memilih kata-kata kurang lembut untuk mendisiplinkan anak, memotivasi anak, serta mendorong anak untuk lebih maju.  Sehingga carilah sisi positif dibanding memikirkan negatifnya.  Hindari menumpuk emosi yang akan membuat anda berpikiran pendek dan berdampak negatif pula pada anda.

Beberapa cara untuk memiliki jiwa yang tenang dan bahagia :

  • Belajar merubah segala kata-kata negatif menjadi energi positif. Misal, anda dikatakan tidak berguna, cari potensi apa yang anda unggulkan, gali potensi tersebut, buktikan pada orangtua anda dapat berguna dengan cara anda sendiri.
  • Berbicara dengan orang tua. Katakan apa yang anda tidak suka.  Lalu beri bukti pada orang tua bahwa anda bisa membanggakan tanpa harus dikasari.
  • Menuliskan apa yang menumpuk di anda pada sebuah buka harian agar emosi tidak menumpuk.
  • Mengelola stress dan jaga emosi dengan meditasi ataupun mengikuti yoga.
Ketika cara tersebut tidak mendapatkan hasil apapun, anda dapat berkonsultasi dengan psikologSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
depresimasalah kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil