Penis mengeluarkan cairan lengket, Apa penyebabnya?

AS Info Penanya: AS, Pria, 23 Tahun
Hallo dok, saya laki2 berumur 23 tahun. Kenapa ya dok batang penis saya mengeluarkan cairan lengket tapi tidak berbau? Dan seluruh batang penis saya terasa sakit dan gatal kecuali bagian kepala penis. Seminggu sebelumnya batang penis saya selalu muncul luka lecet dan sakit seperti terkena sesuatu yang tajam.Terima kasih,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AS,

Penis yang mengeluarkan nanah adalah tanda dari adanya gangguan seperti infeksi. Selain itu penis mengeluarkan nanah dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantaranya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual, dan kemungkinan lainnnya.

Untuk mengetahui penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan, salah satunya dilakukan pemeriksaan duh atau cairan dari penis tersebut. 

Jika keluar timbul dari batang, terasa perih atau lecet, bisa juga ada kemungkinan adanya infeksi kulit seperti infeksi bakteri, infeksi menular seksual ataupun misalnya adanya kutu rambut kemaluan.

Jika ada riwayat seksual terutama dengan yang tidak diketahui riwayat kesehatannya maka kemungkinan bisa lebih banyak salah satunya pada infeksi menular seksual. Untuk itu perlu lakukan beberapa cara seperti:

  • Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh, dan hindari sembarangan melakukan hubungan seksual dan gunakan kondom
  • Hindari mengobati diri sendiri seperti misalnya mengonsumsi obat hasil dan mencari di internet
  • Perbanyak minum air putih dan hindari menahan keinginan berkemih
  • Ganti pakaian dan pakaian dalam secara berkala
  • Hindari menggaruk agar tidak terjadi iritasi dan infeksi yang lebih berat

Nantinya penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya dimana jika ada infeksi maka akan diberikan anti infeksi yang sesuai. Jadi segera periskakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AS
17 Mar 2020, 00:35
Minggu lalu sebelum gatal & cairan muncul sering muncul luka lecet seperti teriris benda tajamm 3 hari kemudian luka menghilang dan alhasil sekarang penis sangat gatal dan perih saat terkena air serta sering mengeluarkan cairan dari batang penis itu sendiri padahal sudah tidak ada luka.Apakah ini bisa sembuh dengan sendirinya?Penyakit apa yg saya derita?Terima kasih,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
17 Mar 2020, 08:39
Baik, cairan yang keluar dari kelamin harus di pastikan dulu penyebabnya, bisa karena infeksi bakteri, virus dan lain sebagainya. Tentunya jika penyebabnya dari hal-hal yang telah di sebutkan diatas memerlukan pengobatan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit dan kelamin.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala radang panggul bisa ditandai dengan adanya nyeri pada area panggul atau perut bagian bawah

Nyeri di Perut Bawah? Bisa Jadi itu Gejala Radang Panggul

Rasa nyeri pada bagian panggul atau nyeri perut bagian bawah dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit seperti radang panggul, infeksi saluran kemih, radang usus buntu, hingga kista ovarium. Pemeriksaan panggul dan tes darah dapat membantu untuk mengetahui kondisi penyakit lebih cepat.