Baru menikah, menggunakan KB suntik dan belum menstruasi, efek KB atau hamil?

MJ Info Penanya: MJ, Wanita, 24 Tahun
Selamat Pagi dok .saya mau melody usia 25 tahun , saya baru menikah tgl 22 septembe dan menggunakan KB suntik 1 bulan di tgl 20 september , kembali suntik lagi tgl 19 oktober , tp sampai hari ini belum haid , kenapa ya dok ? apa memang siklus haid pasca KB tidak teratur/ada kemungkinan hamil , tolong kasih penjelasan nya dok , trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MJ.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Kontrasepsi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Terdapat beberapa jenis kontrasepsi/KB dengan atau tanpa kandungan hormon, salah satunya adalah KB suntik.

Cara kerja KB suntik adalah mencegah terjadinya ovulasi, mengentalkan lendir serviks dan vagina, dan tidak memperispakan endometrium untuk terjadinya pembuahan. KB suntik sendiri mengandung hormon estrogen dan progesteron, sehingga dapat memiliki efek samping seperti :

  • Memperngaruhi siklus haid, memperpendek/memperpanjang siklus, atau tidak terjadi menstruasi
  • Peningkatan berat badan
  • Dapat memperlambat kembalinya kesuburan karena efek sisa KB suntik

Walaupun demikian, berdasarkan penelitian tetap ada kemungkinan < 1% untuk terjadi kegagalan dan menyebabkan kehamilan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan Test Pack dengan mengambil sampel urine di pagi hari. Untuk tanda-tanda kehamilan lainnya juga dapat Anda baca pada tautan ini.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk pembahasan lebih lanjut mengenai penggunaan kontrasepsi dan perencanaan kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Syarifah Chaula Amrina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.