Baru menikah 2 bulan, haid tidak teratur disebabkan karena apa?

MP Info Penanya: MP, Wanita, 2019 Tahun
halo dok, sy br menikah 2 bulan yg lalu. trkhir haid 2 minggu sebelum menikah, di bulan pertama telat 10 hr kmudian keluar darah sy pikir haid ttp hanya 1 hari kemudian flek saja. (konsultasi ke dokter diinformasikan implantasi) test pack masih negatif setelah itu bulan kedua kembali keluar darah tp berbeda dr haid jumlahnya sedikit. kondisi begini knp yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MP

Baru menikah 2 bulan, tampaknya sudah tidak sabar ingin punya momongan ya? Jadi kalau haid memang akan bervariasi dari lamanya, banyaknya, kapan datangnya di tiap siklus. Telat atau menstruasi terlalu cepat 1 minggu masih termasuk kategori normal. Apalagi untuk pengantin baru, yang hormonnya masih adaptasi punya suami. Kemungkinan anda kurang tidur, banyak pikiran di kantor, tidak sabar ingin pulang kerja dan sudah bersemangat tempur kembali. Hormon yang menambah rasa cinta, hormon yang mengatur kesuburan dan hormon yang mengatur libido  masih akan berubah-ubah sehingga hasilnya siklus bisa tidak teratur. 

Cara mengatasinya cukup istirahat, relaksasi, tidak perlu stres dan siklus akan kembali normal. Tipsnya agar cepat hamil coba diberi jarak berhubungannya selang sehari agar kondisi anda dan suami sedang optimal untuk terjadinya pembuahan. Mungkin bisa diatur bulan madu ronde kedua.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YI
13 Jan 2020, 15:47
Halo dok,saya baru menikah 2 bulan ,terakhir haid tgl 21 bulan 10 sekitr 3 minggu sebulm menikah . Dan haid lgi pda tgl 28 bulan 11 berhenti haid pda tgl 2 bulan 12 dan belum haid sampe skrg dok . Kenpa ya dok ,di cek pake testpack hadilnya negatif.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan

Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid dan Tanda-tandanya

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan. Untuk itu, Anda dapat menghitung sendiri dengan kalender masa subur dan memerhatikan tanda-tandanya.