Baru melepas IUD namun 1 bulan haid belum datang, periksa test pack masih samar.

AO Info Penanya: AO, Wanita
dok saya baru buka kb ayudi saya,trus smpai 1 bln lbih ini sya belum dtg haid dan sya ngerasa bdan sya ada yg beda, tpi pertama sya cek tespek garis 2 tpi yg satu nya masih samar2, dan bsok nya lagi sya tespek lagi garis nya kok jdi 1 tu gmna ya doksya bingung,tpi bdan yg sya rasakan sprti sedang hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AO

Salah satu gejala awal kehamilan yang signifikan adalah "merasa" hamil. Kadang wanita dapat merasakan sinyal yang diberikan oleh tubuh bila ada sesuatu yang berbeda pada dirinya. Pada saat anda melakukan tes kehamilan, pastikan cara anda melakukannya sudah tepat. Dengan menggunakan air kencing pertama saat bangun tidur, agar kandungan hormon kehamilannya sudah terkumpul semalaman. Karena pemeriksaan tes pack cukup akurat bila dilakukan dengan tepat.

Selain itu anda juga dapat langsung memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) dengan tujuan melihat apakah sudah ada kantung kehamilan di dalam rahim. Ini adalah pemeriksaan standar utama dalam memastikan kehamilan.

Beberapa tanda kehamilan lainnya adalah mual di pagi hari, payudara terasa bengkak dan penuh serta gangguan pencernaan. Semua itu akibat ada peningkatan hormon kehamilan pada diri anda.

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran berwarna hijau kaya akan asam folat seperti brokoli sangat baik untuk ibu hamil

11 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Paling Dianjurkan

Makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil sangat penting, seperti sayuran berwarna hijau yang kaya akan vitamin C, beta karoten, dan aam folat. Kandungan gizi yang baik dapat membantu perkembangan janin, meningkatan berat badan lahir yang sehat, dan mencegah risiko anemia.