Baru melahirkan 1 bulan, menggunakan pil KB ternyata mempengaruhi ASI bila tidak menggunakan alat KB apakah bisa hamil?

J Info Penanya: J, Wanita, 2019 Tahun
Hallo dok, saya mau bertanya , saya baru melahirkan 1 bulan trus saya langsung minum pil Kan, karna tidak tau dapat mempengaruhi asi lalu saya mau berhenti trus tidak Akan menggnakan lagi alat kB Karna taking mempengaruhi ASI apakah Akan hamil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, J

Terima kasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Tentu saja bila tidak menggunakan kontrasepsi anda dapat hamil. Memang pada saat masih nifas dan terutama bila anda memberikan ASI eksklusif kemungkinan untuk hamil lebih kecil. Tapi bukan berarti tidak bisa hamil ya. Bila kontrasepsi hormonal seperti pil tidak sesuai untuk anda yang menyusui, anda bisa memilih kontrasepsi yang lain seperti kondom atau IUD.

Kondom cukup efektif bila digunakan dengan baik, dan tidak mempengaruhi hormon atau ASI anda. Kekurangannya hanya pada saat aktivitas berhubungannya saja. Bila anda ingin yang simple bisa dengan menggunakan IUD yang bisa dipasang Dokter Spesialis Kandungan atau Bidan. Dengan melakukan kontrasepsi anda dapat lebih fokus pada bayi anda yang baru lahir. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi pasangan yang enggan memakai kontrasepsi, cara KB alami bisa dijadikan pilihan

Tips Sukses Mencegah Kehamilan Dengan Cara KB Alami

Cara KB alami adalah salah satu upaya untuk mengendalikan kemungkinan kehamilan tanpa melibatkan alat kontrasepsi. Untuk mencegah kehamilan dengan cara KB alami, yang harus dicermati adalah masa subur wanita.