14 Mar 2021, 07:15Kandungan

Haid tidak lancar pada remaja, kenapa?

NO
Info Penanya: NO0
Hai dok aku mau bertanya aku baru berumur 13 tahun lalu aku baru 3 bulan haid trs aku blm pertama haid tgl 12 lalu bualn ke 2 dan 3 aku antara tgl 10 dan tgl 8 trs aku bulan ke 4 walaupun baru tgl 14 aku blm haid aku panik aja soalnya aku kan biasanya di awal bulan banget ??? Trs aku mau tanya lagi dok mungkin ga sih misalkan bulan ini haid TGl 8 trs bulan depan haid di akhir bulan ???
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid adalah proses keluarnya darah dari organreproduksi wanita karena peranan organ reproduksi dan juga pengaruh homon tubuh wanita. Haid terjadi pada wanita sejak masa remaja yaitu masa pubertas hingga masa menopause. Siklus haid dihitung jumlah hari sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid kembali pada periode berikutnya. Bukan berdasarkan tanggal yang sama setiap bulannya, namun berdasarkan jumlah harinya. Secara normal siklus haid wanita berkisar 21 hari sampai 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari.

Keadaan yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita diantaranya yaitu:

  • Stres, cemas
  • Kelelahan
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Efek samping KB
  • Adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, PCOS
  • Adanya penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, siklus haid yang masih belum lancar salah satunya bisa disebabkan karena kondisi yang sudah disampaikan di atas. Karena masih dalam masa pubertas, maka wajar bila haid masih belum lancar karena tubuh masih menyesuaikan dengan perubahan hormon kewanitaan. Terkait apakah bisa haid di awal atau di akhir bulan hal itu bisa terjadi, tergantung siklus haidnya seperti yang sudah disampaikan di atas.Agar haid lacar, pastikan Anda tetep menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh dan area organ intim, atasi stres, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi buah dan sayur, konsumsi makanan sehat bergizi, minum air cukup, dan lakukan olahraga ringan secara rutin. Bila keluhan tidak membaik atau disertai dengan gejala penyerta lainnya seperti nyeri perut bawah, demam, keputihan yang berbau dan lain sebagainya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil