Barang impor bisa tularkan corona, benarkah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, kebetulan saya sering melakukan transaksi online barang impor dari daerah china dan jepang. Apakah barang yang saya beli kemungkinan bisa membawa virus corona? Mohon penjelasannya ya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Virus corona adalah kumpulan virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Virus ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan ringan hingga berat. Gejala yang ditimbulkan berupa demam, batuk, dan sesak napas. Gejala ini muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terinfeksi virus corona. 

Penularan virus corona bisa melalui berbagai cara, seperti: 

  • Menghirup percikan ludah dari batuk atau bersin penderita virus corona.
  • Tidak mencuci tangan dan langsung memegang area wajah setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita. 
  • Kontak langsung dengan penderita misalnya bersentuhan, berjabat tangan. 

Jika Anda menerima barang online dari daerah yang terkena virus corona, sebaiknya sehabis membuka barang tersebut Anda langsung mencuci tangan. Anda kemungkinan tidak akan tertular lewat barang impor tersebut karena virus ini tidak bisa bertahan lama menempel di barang ini dan barang online ini sudah melewati perjalanan yang jauh. Jadi, sangat kecil kemungkinan tertular lewat barang online. 

Hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak terinfeksi virus corona, yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun, makan makanan yang bergizi dan minum vitamin, hindari bepergian ke negara yang sedang wabah virus corona, hindari berdekatan dengan penderita COVID-19, dan tutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin dengan tisu. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dampingi anak dalam mengakses informasi terkait pandemi corona

Tips Menjelaskan pada Anak Terkait Pandemi Corona

Menjelaskan isu kesehatan pada anak, terlebih wabah virus corona, mungkin akan membingungkan bagi Anda. Agar ia tak panik namun tetap memahami fenomena ini, ada tips parenting yang bisa Anda coba.