Banyak yang berbicara hal buruk tentang saya sehingga saya cuek dan tidak percaya. Bagaimana solusinya?

S Info Penanya: S
Saya remaja 18th dan banyak yang berbicara hal hal buruk di belakang saya. Mereka suka sekali menyindir dgn menggunakan sosial media, saya berusaha untuk menjadi sosok yang bodo amat. Yang tidak mau peduli namun sulit. Saya selalu berpikiran untuk mengakhiri hidup saya. Saya tidak bisa mempercayai siapa siapa, saya tidak tahu harus cerita ke siapa, harus apa. Saya merasa sendirian walau di tempat yang ramai. Saya harus bagaimana? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Karena kejadian di masa lalu Anda mengalami gangguan kecemasan. Gangguan ini mempengaruhi perasaan dan perilaku akibat adanya ketakutan dan kekhawatiran terutama dalam kontak sosial dengan orang lain. Sehingga Anda menarik diri dari orang lain. Kondisi merasa sendiri dalam menghadapi masalah akan memberi tekanan pada mental Anda sampai dengan menjadi depresi.

Gangguan kecemasan sosial merupakan salah satu gangguan pada seseorang yang merasa takut dianggap negatif oleh lingkungan sekitar. Sehingga Anda sulit percaya dengan orang lain, tidak percaya diri bila berada di muka umum dan takut mendapatkan hinaan.

Untuk mengatasinya Anda butuh dukungan dari orang sekitar Anda terutama orang terdekat Anda. Seperti keluarga, pasangan atau sahabat Anda. Berikut saya lampirkan artikel mengenai 8 Cara Sederhana yang Membantu Meredakan Depresi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya wanita, pria pun bisa mengalami depresi post partum.

Selain Wanita, Ternyata Pria Juga Bisa Alami Depresi Berat

Pria ternyata bisa mengalami depresi berat, setelah istri menjalani persalinan. Sayangnya, kondisi depresi berat ini kerap diabaikan.