Banyak tekanan

QA Info Penanya: QA
dok saya umur 14 tahun belakangan ini saya merasa sngat tertekan dan sering menangis saya mendpat 2 tekanan dari sekolah dan juga rumah sya merasa tidak berguna, saya merasa jika saya tidak ada orang tua akan bahagia
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi Qa!

Harapan keluarga sering kali menjadi beban bila harapan itu terasa berat dan tidak masuk akal. Hal ini dapat terjadi bila seseorang dalam keluarga mengingikan untuk merasakan apa yang mereka rasakan dulunya atau ingin membuat Anda seperti yang mereka mau.

Setiap orang pastilah berbeda-beda tidak mungkin sama, bila kamu merasa tertekan, saya sarankan Anda untuk berbicara langsung kepada orang tua Anda tentang apa yang Anda rasakan sehingga Anda tidak terus tertekan. Karena jika Anda pendam terus menerus tidak akan menyelesaikan masalah. 

Jika Anda takut untuk berbicara dengan orang tua, coba berbicara dengan guru konseling di sekolah Anda, karena memang tugas mereka untuk membantu Anda selama di sekolah. 

Saran saya cukup jelas intinya adalah bicarakan permasalahan Anda atau perasaan yang Anda rasakan, sehingga tidak akan membuat pikiran Anda terganggu.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mudah lelah dan hilangnya semangat untuk beraktivitas bisa terjadi akibat gaya hidup, penyakit, maupun kondisi kejiwaan

Merasa Mudah Lelah? Coba Cek Dulu Gaya Hidup Anda

Mudah lelah bisa disebabkan oleh gaya hidup atau adanya penyakit. Jika belakangan ini tubuh gampang capek, Anda mungkin perlu mencermati gaya hidup Anda dan cara mengubahnya agar kembali berenergi.