Banyak sekali yang dirasa setelah melahirkan

KA Info Penanya: KA, Wanita, 2019 Tahun
Mlm dok, knapa ya dok setlah sy mlahirkn kok bnyak sekali yg dirasa entah sakit kpala, pegal" dsb tp yg sring sy rasa kan sakit punggung hampir tiap hari punggung sy trsa sakit. blum lg badan sy yg makin kurus, pdahal sy makan sehari nyampe 5x, tp dlm porsi sdang. Kdang sy mrasa minder krna makin kurus. Sy prnah ronsen tp kata dokter tidak apa".Priksa pngobatan herbal jg prnah ktanya usus ny kotor Apa benar brpengaruh pd bb sy? Dan apakah semua sakit yg sy rasakan brpengaruh pd bb sy. Mohon penjelasan nya secara rinci dok trima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KA,

Kehidupan setelah melahirkan tentunya akan mengalami banyak perubahan dimana hal ini dapat berpengaruh pada kondisi fisik dan mental. Tidak jarang apabila terjadi kesulitan beradaptasi dapat menimbulkan sejumlah masalah seperti gangguan suasana hari baik timbulnya kecemasan ataupun sampai terjadi depresi pasca melahirkan.

Depresi pasca melahirkan sendiri dapat memberikan gejala seperti:

  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Merasa kondisi semakin sulit
  • Merasa sedih, khawatir atau cemas berlebihan pada bayi dan diri Anda seperti merasa sangat kurus, ASI dirasa tidak maksimal
  • Merasa tidak tertarik untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau kehilangan minat pada bayi Anda
  • Menimbulkan gejala fisik seperti pusing, sakit perut, nyeri otot
  • Menghindari lingkungan sosial
  • Menimbulkan keinginan menyakiti diri sendiri dan bayi

Untuk mencegah terjadinya kondisi ini perlu dilakukan beberapa upaya seperti berbagi peran dengan suami atau keluarga agar merasa memiliki dukungan sosial untuk mengatasi tekanan, tetap bersosialisasi untuk sekedar berbagi cerita atau berbagi pengalaman seputar kehidupan pasca melahirkan dengan teman atau orang yang dipercaya, berupaya menjaga kesehatan dengan tidak melewatkan waktu makan, menjaga agar tetap bisa beristirahat dan tidur yang cukup dengan mengikuti pola istirahat bayi.

Tetap lakukan refreshing atau hal yang Anda senangi untuk melegakan pikiran, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, menyempatkan untuk tetap melakukan aktivitas olahraga ringan dan meminta bantuan atau memeriksakan diri pada dokter atau psikolog agar tidak hanya dilakukan evaluasi secara fisik tetapi juga holistik termasuk kondisi psikis ibu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue-tie dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu

Apakah Tongue-Tie Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui?

Tongue-tie adalah kondisi saat membran tipis di bawah lidah bayi membatasi pergerakan lidah. Ketika seorang bayi mengalami tongue-tie, biasanya bayi tidak mau menyusu, makan, hingga menelan. Untuk mengatasi tongue-tie dengan operasi, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu.