Banyak pikiran menjadi sering tidur

NL Info Penanya: NL, Wanita, 21 Tahun
Dokter saya mau tanya kenapa saya kalonlagi banyak fikiran malah jadi sering tidur? Apa itu gangguan psikologis juga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, NL

Terima kasih sudah bertanya di sehatQ,

Gangguan psikologis adalah gangguan mental tanpa ada gangguan pada organ atau fisik pada diri seseorang. Gangguan psikis tergantung  pada jenis gangguan yang dialami. Seseorang bisa mengalami gangguan, pola pikir, emosi, tindakan, perbuatan dan sikap.

Beberapa contoh dari gangguan psikologis yaitu:

  • Perasaan cemas berlebihan.
  • Halusinasi. Halusinasi yaitu perasaan melihat, merasakan dan mendengar setuatu yang tidak nampak.
  • Waham. Waham adalah sesuatu yang diyakini oleh seseorang akan kebenaranya, padahal kenyataannya tidak ada.
  • Perasaan sedih atau depresi.
  • Gangguan makan. Gangguan makan yang dimaksud adalah takut gemuk apabila makan banyak dan cenderung  memuntahkan makanan sesudah makan.
  • Perubahan pola tidur. Seperti pada kasus Anda yaitu mudah ngantuk atau mudah tertidur, sulit tertidur atau gelisah saat mau tidur.
  • Mudah marah.

Dari apa yang saya jelaskan diatas, kemungkinan keluhan yang Anda lami merupakan salah satu gangguan psikologis dan segera ubah pola hidup Anda.

Hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gangguan psikis yaitu:

  • Berkumpul dengan orang banyak dan jangan menyendiri
  • Diskusikan keluhan Anda dengan keluarga terdekat
  • Lebih mendekatkan diri ke Sang Pencipta
  • Istirahat yang cukup
  • Rajin olahraga
  • Refresing atau berlibur ke tempat yang Anda sukai

Jika keluhan Anda tidak dapat diatasi, segera konsultasi ke psikolog atau dokter psikiater terdekat.

Salam sehat,

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan

10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.