Banyak bintik merah di bagian wajah dan tangan

Y Info Penanya: Y, Wanita, 21 Tahun
Izin bertanya, apa penyebab ada banyak bintik merah di bagian wajah dan tangan saya??dan saya mendapatkan nya pada saat asrama latihan kepemimpinan..beberapa rekan saya juga mengalami hal yang sama..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Y,

Keluhan ruam pada kulit seperti bintik merah di wajah dan tangan dapat timbul karena beragam penyebab seperti:

  • Reaksi alergi bisa karena debu, makanan atau minuman tertentu, serbuk tanaman, bahan pakaian tertentu, bahan kimia seperti sabun
  • Gigitan serangga
  • Infeksi kulit karena virus, bakteri, jamur atau parasit
  • Terkena tanaman tertentu selama pelatihan

Apabila sampai saat ini keluhan tidak menghilang, ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter kulit agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Perhatikan apa yang menjadi pencetusnya dan perhatikan jenis dan karakter bintik merah yang timbul untuk memberi informasi tambahan pada dokter.

Hindari menggaruk atau memencet bintik merah tersebut agar tidak terjadi iritasi ataupun infeksi. Gunakan bedak ataupun lotion calamine jika timbul rasa gatal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit ayam menyebabkan kondisi kulit keratin di pori-pori.

Meski Tak Bahaya, Penyakit Kulit Ayam Bisa Ganggu Penampilan

Penyakit kulit ayam adalah penyakit yang disebabkan terbentuknya keratin di pori-pori. Penyebab penyakit kulit ayam, yaitu faktor usia, kulit yang kering,obesitas, dsb.