Banyak berkeringat apakah normal ?

R Info Penanya: R, Pria, 15 Tahun
Dokter saya ingin bertanya Telapak tangan saya dan kaki Sering mengeluarkan keringat yg berlebihan kira kira itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, R

Keringat berperan penting dalam menjaga suhu tubuh. Ketika suhu naik maka tubuh kita mengeluarkan sinyal agar mengeluarkan cairan keringat. Setelah keringat menguap, permukaan tubuh akan menjadi dingin sehingga suhu tubuh akan menurun.

Berkeringat pada suhu udara panas atau saat olahraga adalah normal. Kadang ada yang berkeringat saat cemas atau stres. Bisa juga saat sedang mual atau nyeri perut. Ada juga faktor keturunan sehingga keringat menjadi banyak. Pada orang kegemukan juga akan lebih banyak berkeringat pada saat beraktivitas karena produksi panasnya lebih besar.

Beberapa kondisi klinis seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan kelenjar tiroid, obat-obatan tertentu dan minuman beralkohol juga mengakibatkan produksi keringat meningkat.

Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, terutama bila keringat disertai :

- pusing atau hilang kesadaran

- mual atau muntah

- keringat dingin

- pucat

- nyeri dada dan berdebar-debar

- sesak nafas

- kejang

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.