Banyak berkeringan saat berada di tempat yang tidak terlalu panas atau melakukan aktivitas berat

RP Info Penanya: RP, Pria, 2019 Tahun
Selamat sore,,DokterSaya mau tanya tentang kondisi tubuh saya, disuatu saat kadang saya sering berkeringat berlebihan padahal suhu ditempat saya beraktivitas tidak terlalu panas, keringat saya mulai muncul kalau melakukan aktivitas yg berat tapi tetap saja walaupun sudah berjam-jam berlalu keringat saya tidak berhenti keluar.Jadi dokter Bagaimana caranya mengurangi keringat saya yg berlebihan?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RP

Kondisi berkeringat banyak atau hiperhidrosis dapat megganggu karena membuat bau badan dan menurunkan rasa percaya diri. 

hiperhidrosis dapat terjadi akibat beberapa kondisi seperti kegemukan obesitas, penyakit hipertiroid, infeksi tuberkulosis paru, pasca demam,  suasa panas, sedang stress, depresi atau kondisi tubuh yang tidak bugar karena jarang olahraga.

Terdapat beberapa upaya mencegah keringat yang banyak biasanya dengan menghindari lingkungan panas, lakukan olahraga rutin agar tubuh bugar, hindari makanan panas dan pedas, turunkan berat badan jika kegemukan dan atasi penyakit yang mendasari.

Jika anda memiliki penyakit yang mendasari seperti hipertiroid dan infeksi tuberkulosis sebaiknya anda memeriksakan diri dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi dan lansia berisiko lebih tinggi terhadap keringat buntet atau biang keringat

Hindari Gatal di Kulit, dengan Mengetahui Penyebab Keringat Buntet

Keringat buntet terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat oleh sel kulit mati serta bakteri. Penyebab keringet buntet adalah terlalu lama berbaring di kasur akibat suatu penyakit, penggunaan obat-obatan tertentu dan lainnya.