08 Aug 2021, 20:48Kandungan

Bantuan untuk melahirkan di saat wabah COVID

P
Info Penanya: P0
Dok, bagiamana proses melahirkan disaat wabah covid? Apakah melahirkan dalam kondisi ini sangat berbahaya untuk ibu dan bayi?
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PInfeksi Covid19 mudah menular apalagi pada tubuh yang sistem imunnya lemah, salah satunya ibu hamil dan anak-anak. Bila anda sedang dalam keadaan hamil maka resiko untuk tertular cukup tinggi, apalagi anda diharuskan untuk selalu mengontrol kehamilans ecara rutin, terutama bila sudah mendekati hari kelahiran.

Persiapan Kelahiran Saat Wabah Covid19

Anda tidak perlu khawatir, selama menerapkan protokol kesehatan secara ketat maka anda bisa terhindar dari infeksi Covid19. Yang perlu anda perhatikan untuk persiapan melahirkan saat wabah covid adalah:
  • Tidak keluar rumah bila tidak benar-benar diperlukan
  • Melakukan desinfekatan di setiap permukaan benda di rumah maupun paket 
  • Menggunakan masker 2 lapis yakni masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar bila hendak mengontrol kandungan
  • Tidak memegang area wajah saat berada di luar ruangan 
  • Selalu mencuci tangan dan membawa handsanitizer minimal alkohol 70%
  • Hindari kerumunan atau kontak dengan orang sakit
  • Segera pulang dan mandi setelah melakukan kontrol kandungan

Cara Melahirkan Disaat Wabah Covid19

Diskusikan bersama dokter kandungan dalam memilih tempat untuk melahirkan apakah di klinik atau rumah sakit yang disesuaikan dengan kondisi kandungan anda. Sebelum melakukan proses bersalin tentunya anda akan diminta melakukan swab PCR terlebih dahulu.Apabila ibu hamil ternyata positif Covid19 maka perlu dilakukan proses kelahiran sesuai dengan protokol di rumah sakit yang menangani Covid19. Bila dirasakan gejala ringan atau OTG maka anda bisa melakukan isolasi mandiri hingga mendekati hari kelahiran.Namun bila dirasakan gejala sesak maka anda perlu pemantauan di rumah sakit hingga hari kelahiran. Anda akan masuk ruang bersalin isolasi khusus dan diawasi secara ketat hingga proses kelahiran selesai baik secara normal maupun operasi caesar.Tidak lupa untuk selalu mekan bergizi, konsumsi suplemen dan multivitamin, berolahraga rutin dan istirahat cukup serta tidak stres untuk menjaga daya tahan tubuh.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
melahirkanpemeriksaan kehamilanibu hamilcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil