Sering makan makanan pedas dan sakit perut, apa penyebabnya?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 17 Tahun
Dok? Saya hobi sekali makan²an pedasss, tpi saya sring ngedropp, demam, batuk tak berdahak, sakit perut mual² kdng panas sukak naik turun trs tiap mlem srng bgt ngerasain nyeri peruttt. Kira² itu penyakit apaa y..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasiha atas keluhan Anda

Sering mengonsumsi makanan yang pedas memicu kenaikan asam lambung. Jika kondisi ini nerulang maka dapat menyebabkan kenaikan asam lambung dan terjadi beberapa masalah pada saluran pencernaan seperti GERD, gastritis (radang lambung), dan lain sebagainya. Keluhan pada saluran pencernaan dapat menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman pada perut, mual, bahkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 

Keluhan demam, adalah kondisi dimana naiknya suhu tubuh diatas normal. Kondisi ini adalah pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi yang bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri, atau zat asing lain yang menyerang tubuh. Umumnya demam akan membaik dengan sendirinya. Namun demam yang dirasakan tidak membaik dalam waktu 3 hari, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. 

Batuk adalah respon normal tubuh untuk melembabkan dan membersihkan saluran napas. Oleh sebab itu, batuk yang sesekali dirasakan adalah kondisi yang normal. Namun bila keluhan batuk dirasakan terus menerus maka dapat mengindikasikan adanya kondisi medis tertentu speerti adanya infeksi saluran napas, alergi, atau bahkan karena adanya masalah pada pencernaan speerti pada kenaikan asam lambung yang berlebihan. 

Terkait dengan keluhan Anda, bisa disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pencernaan, seperti pada GERD, demam tifoid, infeksi saluran napas atas, atau karena kondisi medis yang lainnya. Untuk dapat memastikannya, alangkah baiknya apabila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar dokter melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik serta beberapa pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Tindakan sementara untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah:

Semoga bermanfaat

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Efektif Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Kenali apa saja bahan yang terkandung di dalamnya.