Bangun tidur tiba-tiba mimisan

L Info Penanya: L, Wanita, 23 Tahun
Dokter saya mau bertanya, ini tadi saya bangun tidur kok tiba tiba mimisan ya dok,,badan juga rasanya ga enak padahal kemaren off kerja jadi ngga kecapean,,dulu sih sering banget dok mimisan tapi kalaw pas kecapean, hampir tiap minggu malah, bisa dijelaskan dok,,trimakasih,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi L,

Mimisan merupakan perdarahan yang terjadi pada pembuluh darah yang pecah atau terganggu. Mimisan sendiri ada 2 macam yaitu mimisan anterior dimana pembuluh darah bagian depan dinding hidung yang pecah dan mimisan posterior dimana pembuluh darah yang pecah ada di bagian belakang rongga hidung dan lebih jarang terjadi, tetapi mimisan posterior dapat lebih berat dan berbahaya.

Penyebab mimisan sendiri beragam seperti diantaranya adalah:

  • Benturan atau trauma pada hidung dan rongga hidung, salah satunya akibat mengorek lubang hidung terlalu keras
  • Cedera pada bagian hidung
  • Gangguan anatomi hidung
  • Tekanan darah tinggi
  • Konsumsi obat tertentu seperti pengencer darah
  • Paparan bahan kimia
  • Paparan matahari dalam waktu lama
  • Gangguan darah seperti penyakit-penyakit yang menyebabkan gangguan pembuluh darah 

Untuk penanganan mimisan sendiri dapat dilakukan beberapa hal seperti dengan duduk dengan badan condong kedepan, hindari menegakkan kepala ke belakang, tekan hidung untuk menghentikan perdarahan selama 10 menit, kompres bagian pangkal hidung menggunakan es batu atau cold pack. Jika dalam 15 menit perdarahan tetap terjadi, perdarahan hebat, pusing, pingsan, mimisan terjadi karena benturan kepala, pernapasan terganggu maka perlu untuk segera mendapatkan penangan di rumah sakit.

Jika saat ini mimisan yang terjadi menjadi lebih sering, ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter ahli THT agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan sesuai dengan kondidi yang Anda alami. Semoga bermanfaat,

Salam sehatQ,

dr. Adhi P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku

Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka? Waspadai Gejala Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku. Selain faktor keturunan, hemofilia dapat disebabkan oleh kanker, penyakit tertentu, dan kondisi autoimun.