01 Feb 2021, 07:48Psikologi

Apakah yang dimaksud dengan depresi?

TA
Info Penanya: TA0
Dok saya beberapa hari ini dalam kondisi sangat down,saya merasa tertekan dan selalu merasa dendam selalu sedih tak karuan&jadi kepikiran seperti disetiap bangun tidur ataupun saat saya berada dirumah saya merasa tak nyaman ingin terus menangis sesak di dada yang tertahan membuat hati dan suasana saya tidak nyaman,sampai saya pikir malas untuk melanjutkan hidup,menjalani hidup jg sampai saya berpakaian alakadarnya sudah tidak peduli dengan keadaan sendiri, apakah itu disebut depresi dok?
555 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaDepresi adalah kondisi saat seseorang merasakan kesedihan yang berlalrut, tanpa sebab yang jelas dan terjadi selama minimal 2 minggu berturut-turut. Seseorang dengan depresi akan lebih menarik diri dari lingkungan, kehilangan mood ataupun semangat pada setiap aktivitas baik yang disukai ataupun tidak, kehilangan minat atau ketertarikan, sehingga akan mengalami kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Beberapa tanda dan gejala dari depresi diantaranya adalah:

  • Gagguan tidur
  • Rasa sedih yang dirasakna terus menerus dan tanpa sebab yang jelas
  • Kehilangan energi dan merasa lemas
  • Adannya gangguan pada nafsu makan
  • Kehilangan minat hampir pada seluruh aktivitas
  • Pikiran yang berulang berikatan dengan kematian, kesedihan, keinginan untuk bunuh diri dan lain sebagainya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, merasakan sedih adalah kondisi yang wajar. Tetapi jika rasa sedih ini terus berlarut dan dirasakan tanpa sebab yang jelas selama minimal 2 minggu berturu-turut alangkah baiknya bila Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke psikiater terdekat. Sehingga diketahui apa penyebab pada perubahan mood serta kesedihan yang terjadi pada Anda dan mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Usahakan Anda berpikiran positif, bercerita kepada teman dekat ataupun keluarga terdekat bila sedang ada masalah, lakukan hobi Anda, hindari menyendiri, tetap konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga ringan dengan rutin untuk membantu mengatasi kesedihan yang terjadi pada Anda dan badan tetap sehat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
mengatasi depresidepresimasalah kejiwaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil